BELAJAR KODE WARNA RESISTOR ( Bagian 1 )

Apa itu Kode Warna Resistor?




Seperti yang dibilang sebelumnya, setiap resistor memiliki nilai hambatan yang berbeda-beda. Cara mengetahui nilai tersebut adalah dengan membaca kode warna yang melingkar di resistor. Tentunya, kode warna dan nilai resistor sudah berstandar internasional, jadi akan sama di semua negara.

1. Sejarah Kode Warna Resistor

Kode warna sudah ditentukan oleh EIA atau Electronic Industries Alliance. EIA sendiri merupakan organisasi yang diciptakan oleh RMA atau Radio Manufacturers Association, yang anggotanya berasal dari Amerika dan Eropa.

Nah, EIA menentukan kode warna resistor dan nilainya untuk menentukan nilai resistansi dalam rangkaian elektronika. EIA juga mengklasifikasikan resistor berdasarkan jumlah gelang warna di diameternya, mulai dari 3 gelang, 4 gelang dan 6 gelang.

2. Cara Membaca Kode Warna Resistor

Terkadang, pemula masih kesulitan bagaimana cara membaca kode warna resistor, misalnya saja menentukan mana sih gelang pertama dari resistor. Berikut tips yang bisa diikuti :

·         Gelang pertama adalah yang paling dekat dengan lead.

·         Gelang emas atau perak selalu yang paling terakhir.

·         Jika tidak hafal, disarankan untuk selalu melihat tabel nilai kode warna untuk membaca nilai resistansi resistor.

·         Jika kurang yakin dengan hitungan yang telah dilakukan, bisa menggunakan Ohm Meter.

·         Ohm Meter juga bisa digunakan untuk mengukur hambatan, misalnya saja ketika tidak bisa menentukan kode warna di resistor akibat terbakar dan semacamnya.

Cara Menghitung Nilai Resistor dengan Kode Warna

1. Resistor 4 Gelang

Termasuk resistor yang paling banyak ditemukan di pasaran, yang memiliki dua gelang untuk resistensi, satu pengali dan satu toleransi. Berikut contoh gambar resistor dengan 4 gelang :



Nah, untuk menghitung nilai resistansi dari resistor 4 gelang harus  berdasarkan tabel kode warna khusus. Silakan cek dan pelajari tabel kode warna di bawah ini :



Misalnya saja ada resistor 4 gelang dengan gelang pertama berwarna coklat, gelang kedua berwarna hitam, gelang ketiga berwarna merah dan gelang keempat berwarna emas. Lalu, berapakah nilai resistansi berdasarkan kode warna tersebut :

Jawabannya :

·         Gelang pertama berwarna coklat menunjukkan angka 1.

·         Gelang kedua berwarna hitam menunjukkan angka 0.

·         Gelang ketiga berwarna merah menunjukkan angka 10(nilai pengali).

·         Gelas kelima berwarna emas berarti resistor memiliki toleransi 5%.

Jadi, nilai resistansi dari resistor tersebut adalah 10 x 100 = 1000. Jadi, nilai resistansinya adalah terletak di 950 dan 1050.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama