RENCANA PROGRAM KETERAMPILAN ELEKTRONIKA

 MUATAN LOKAL ELEKTRONIKA

1. Latar Belakang
Jambi merupakan kota transit, kota perdagangan, kota jasa, dan kota pariwisata. Menghadapi era globalisasi yang nyaris tidak ada batas antar negara dan persaingan di berbagai bidang sangat tinggi sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang cakap, terampil, dan berwawasan luas. Sementara itu tujuan pendidikan tingkat SMA / MA yang disiapkan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi sering terhambat oleh berbagai kendala, sehingga sebagian dari lulusan SMA / MA perlu memiliki keterampilan sebagai bekal untuk dapat bekerja dan hidup mandiri. Agar dapat bertahan hidup dan bersaing di lingkungan kota Jambi yang semakin berkembang, peserta didik di SMA / MA perlu dibekali dengan kemampuan keterampilan dan kewirausahaan.

Mata pelajaran kewirausahaan dan keterampilan merupakan pilihan tepat untuk dikembangkan sebagai muatan lokal di SMA / MA  di Jambi, terutama bagi sekolah dimana sebagian dari peserta didiknya potensial tidak melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Dengan demikian pelayanan sekolah yang berorientasi pada kebutuhan dan potensi peserta didik serta daerah dan lingkungan dapat dilaksanakan dengan baik.
Salah satu bentuk keterampilan yang dapat dikembangkan dan sangat dibutuhkan sesuai dengan karakteristik kota besar adalah keterampilan bidang elektronika. Melalui keterampilan bidang elektronika diharapkan mampu mengembangkan kemampuan keterampilan sekaligus mengembangkan peluang usaha bidang elektronika yang dapat menjadi bekal untuk bekerja dan hidup mandiri.

2. Tujuan

Mata pelajaran Keterampilan Elektronika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
a.   Mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan merancang, merakit, dan mereparasi produk-produk elektronika yang digunakan sehari-hari.
b.   Mampu mengembangkan peluang usaha bidang reparasi produk elektronika.

 

3.  Ruang Lingkup

Mata pelajaran Keterampilan Elektronika meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
  1. Pengetahuan dan keterampilan dasar elektronika
  2. Teknik reparasi produk elektronika
  3. Pengelolaan usaha reparasi produk elektronika


4. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Memahami pengetahuan dasar elektronika
1.1.       Menjelaskan makna simbol-simbol elektronika
1.2.       Menjelaskan makna rangkaian elektronika
1.3.   Mendeskripsikan besaran-besaran alat elektronika
2.  Menerapkan teknik dasar elektronika
2.1.   Menggunakan alat ukur dasar
2.2.   Menerapkan teknik dasar membuat rangkaian
2.3.   Membuat produk elektronika sederhana

3.    Menerapkan teknik reparasi produk elektronika

3.1.       Menjelaskan jenis teknik reparasi
3.2.       Menerapkan teknik reparasi produk elektronika sederhana
3.3.       Menerapkan teknik reparasi  peralatan Audio
3.4.       Menerapkan teknik reparasi peralatan Televisi
3.5.       Menerapkan teknik reparasi alat komunikasi

4.    Memahami pengelolaan usaha reparasi produk elektronik

4.1.       Menjelaskan langkah perencanaan usaha reparasi
4.2.       Menjelaskan teknik pengorganisasian usaha
4.3.       Menjelaskan teknik kontrol dan pengendalian usaha


5. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

3 Komentar

Lebih baru Lebih lama