MUATAN LOKAL ELEKTRONIKA
1. Latar Belakang
Jambi merupakan
kota transit, kota perdagangan, kota jasa, dan kota pariwisata.
Menghadapi era globalisasi yang nyaris tidak ada batas antar negara dan
persaingan di berbagai bidang sangat tinggi sehingga dibutuhkan sumber daya
manusia yang cakap, terampil, dan berwawasan luas. Sementara itu tujuan
pendidikan tingkat SMA / MA yang disiapkan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke
tingkat lebih tinggi sering terhambat oleh berbagai kendala, sehingga sebagian
dari lulusan SMA / MA perlu memiliki keterampilan sebagai bekal untuk dapat
bekerja dan hidup mandiri. Agar dapat bertahan hidup dan bersaing di lingkungan
kota Jambi yang semakin berkembang, peserta didik di SMA / MA perlu
dibekali dengan kemampuan keterampilan dan kewirausahaan.
Mata pelajaran kewirausahaan dan keterampilan merupakan pilihan tepat untuk dikembangkan sebagai muatan lokal di SMA / MA di Jambi, terutama bagi sekolah dimana sebagian dari peserta didiknya potensial tidak melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Dengan demikian pelayanan sekolah yang berorientasi pada kebutuhan dan potensi peserta didik serta daerah dan lingkungan dapat dilaksanakan dengan baik.
Salah satu bentuk keterampilan yang dapat dikembangkan dan sangat
dibutuhkan sesuai dengan karakteristik kota besar adalah
keterampilan bidang elektronika. Melalui keterampilan bidang elektronika
diharapkan mampu mengembangkan kemampuan keterampilan sekaligus mengembangkan
peluang usaha bidang elektronika yang dapat menjadi bekal untuk bekerja dan hidup
mandiri.
2. Tujuan
Mata
pelajaran Keterampilan Elektronika bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut.
a.
Mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan
merancang, merakit, dan mereparasi produk-produk elektronika yang digunakan sehari-hari.
b.
Mampu mengembangkan peluang usaha bidang reparasi produk
elektronika.
3. Ruang Lingkup
Mata
pelajaran Keterampilan Elektronika meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Pengetahuan dan keterampilan dasar elektronika
- Teknik reparasi produk elektronika
- Pengelolaan usaha reparasi produk elektronika
4. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami pengetahuan dasar elektronika
|
1.1.
Menjelaskan makna simbol-simbol elektronika
1.2.
Menjelaskan makna rangkaian elektronika
1.3. Mendeskripsikan besaran-besaran alat
elektronika
|
2. Menerapkan teknik dasar elektronika
|
2.1. Menggunakan alat ukur dasar
2.2. Menerapkan teknik dasar membuat rangkaian
2.3. Membuat produk elektronika sederhana
|
3.
Menerapkan teknik reparasi produk elektronika
|
3.1.
Menjelaskan jenis teknik reparasi
3.2.
Menerapkan teknik reparasi produk elektronika sederhana
3.3.
Menerapkan teknik reparasi peralatan Audio
3.4.
Menerapkan teknik reparasi peralatan Televisi
3.5.
Menerapkan teknik reparasi alat komunikasi
|
4.
Memahami pengelolaan usaha reparasi produk elektronik
|
4.1.
Menjelaskan langkah perencanaan usaha reparasi
4.2.
Menjelaskan teknik pengorganisasian usaha
4.3.
Menjelaskan teknik kontrol dan pengendalian usaha
|
5. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.